Berita Terbaru :
| | Wednesday, January 23, 2013

Tema dalam Pembelajaran Seni Tari

TEMA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI
 
OLEH:
INGGRIANI ANDEWI P (09141108)
 
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2011
 


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Seiring berkembangnya zaman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi seni mulai nampak dekat dalam kehidupan kita. Karena seni merupakan kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Seperti halnya seni tari semakin mudah diakses maupun dinikmati oleh masyarakat. Mulai dari seni tari tradisonal hingga seni tari modern.

Akan tetapi saat ini anak-anak lebih tertarik menirukan gerakan tari orang dewasa. Karena anak-anak itu mudah sekali mencontoh apa yang mereka lihat. Dalam siaran-siaran televisi banyak disajikan tarian orang dewasa, sungguh ironis memang kalau melihat anak-anak tidak diberi ruang maupun media untuk mengembangkan bakatnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi bakat anak-anak dan dalam rangka melestarikan budaya, salah satunya melalui pendidikan. Yaitu di sekolah-sekolah mulai diajarkan seni tari untuk anak. Selain diberikan pelajaran wajib juga diberi kegiatan ekstrakulikuler tari. Dalam memproduksi seni tari tentunya seorang guru harus memahami apa saja yang perlu diperhatikan. Sering kita jumpai banyak tarian, tetapi rata-rata guru dan siswa tidak memahami tema dari tarian yang mereka tarikan. Oleh karena itu kami mengangkat judul “ Tema Sebuah Tari ”.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah sebagai berikut:
1. Apa pengertian tema tari?
2. Apa saja jenis-jenis tema dalam tari?

C. Tujuan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan masalah ini adalah:
1. Untuk mendeskripsikan pengertian tari
2. Untuk mendeskripsikan jenis-jenis tema dalam tari


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Tema
Tema adalah pokok pikiran, gagasan atau ide dasar. Dalam garapan tari, apa saja yang bisa dijadikan tema, dari kejadian sehari-hari, pengalaman hidup, binatang, cerita rakyat, cerita kepahlawanan, legenda, upacara adat dan lain-lain. Namun demikian, hendaknya sesuatu yang lazim bagi manusia, karena tujuan dari tari antara lain adalah menciptakan komunikasi antara karya seni dengan masyarakat penikmatnya.
Karena tema merupakan gagasan atau ide dasar dari suatu garapan tari, maka setiap tarian pasti bertema. Tema merupakan penggambaran keseluruhan cerita dari sebuah tari. Tema sebuah tari yang mampu bertahan lama adalah yang mengandung kebenaran-kebenaran abadi yang lazim bagi semua orang. Dengan demikian sumber tema dari sebuah tarian sangat ditentukan oleh kekayaan pengamalan jiwa penciptanya.

B. Macam-macam Tema dalam Tari

1. Tema Binatang
Tari Merak
Gambar 1. Tari Merak
Tema binatang mengandung arti bahwa setiap gerakan yang dihasilkan merupakan bentuk peniruan dari suatu binatang. Peniruan itu meliputi pencerminan bentuk fisik, perilaku, cara makan, dan sebagainya. Biasanya binatang yang digambarkan berkaitan dengan keberadaan binatang tersebut dalam alam sekitar atau bisa juga dengan pengaguman seorang penari dengan keindahan suatu binatang. Tari dengan tema binatang biasanya ditarikan secara berkelompok tetapi tidak menutup kemungkinan untuk ditarikan secara berpasangan ataupun tunggal. Misalnya tari merak. Pada tari terebut diceritakan bahwa merak merupakan binatang yang anggun dan mempunyai keindahan bulu yang luar biasa.

2. Tema Kepahlawanan
Tari kepahlawanan adalah tari yang mengandung unsur cerita heroik atau kepahlawanan. Pada tema ini sering diungkapkan atau diceritakan tentang perjuangan dan kegagahan suatu tokoh tertentu. Di dalam tema ini juga diceritakan kronologis suatu tragedi yang menuntut suatu tokoh atau sekelompok untuk memperjuangkan sesuatu yang ditujunya. Tujuan dari tari dengan tema pahlawan ini adalah agar penontonnya dapat termotivasi dan terdorong untuk bersemangat dalam menjalani hidup. Di Indonesia tema ini muncul ketika bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya dan berjuang menghadapi penjajah.
Contohnya adalah:
· Tari Kuda Kepang
· Tari Seudati
· Tari Menak Jinggo Ranggalawe
· Tari Anoman Rahwana
· Tari Ranggalawe Gugur
Tari Kuda Kepang/Kuda Lumping
Gambar 2. Tari Kuda Kepang
Tari Seudati
Gambar 3. Tari Seudati
3. Tema Kehidupan Sehari-Hari
clip_image007
Gambar 4. Tari Panen
Tema kehidupan sehari-hari menggambarkan aktivitas manusia sehari-hari. Segala aktivitas hidup dapat dijadikan sebagai tema. Tema dalam hal ini berupa pokok pikiran yang berkaitan juga dengan budaya maupun mata pencaharian dari masyarakat setempat. Contoh dari tema ini adalah tari panen. Pada tarian tersebut diceritakan aktivitas panen yang dilakukan oleh petani, mulai dari cara memetik padi sampai pada mengolah padi yang dihasilkan. Begitu pula dengan tari petik cengkeh. Pada umumnya tari bertema ini sering dijadikan sebagai media pendidikan untuk siswa sekolah dasar untuk mempelajari secara mendalam aktivitas suatu golongan masyarakat tertentu.

4. Tema Upacara
Tari Sang Hyang
Gambar 5. Tari Sang Hyang

Upacara merupakan sebuah tema dari suatu tari. Hal ini dikarenakan upacara merupakan pokok pikiran dan yang ingin diceritakan dalam sebuah tarian. Tari yang bertema upacara adalah tari upacara. Tari upacara adalah tarian yang digunakan untuk keperluan upacara. Pada daerah tertentu di Indonesia, tarian jenis ini berhubungan erat dengan masyarakat yang masih memfungsikan tarian untuk keperluan upacara. Ciri utama tari upacara antara lain hidup dan berkembang dalam tradisi yang kuat, memelihara atau berlatar belakang agama Hindu, sarana memuja dewa (keagamaan) serta kegiatan atau prosesi tradisi yang menjadi symbol masyarakat. Maka tarian jenis ini berkembang subur dan diwariskan.
Contohnya adalah:
· Tari Ndi dari Irian Jaya
· Tari Abhisekharama
· Tari Bedoyo Ketawang
· Tari Bedoyo 5
· Tari Bedoyo 9
· Tari Bedoyo Semang
· Tari Sang Hyang

5. Tema Pergaulan
Tema ini menggambarkan pergaulan antara muda dan mudi. Tari yang bertema pergaulan ini adalah tari pergaulan. Tari ini biasanya dilakukan pada saat bulan purnama sebagai pergaulan muda mudi atau kaum remaja yang merupakan tari sosial yang memiliki latar belakang cerita. Tari ini merupakan wujud suka cita warga desa dalam bersih desa atau acara lainnya yang berhubungan dengan berlangsungnya pertemuan antara kaum muda dan mudi.
Ciri-cirinya antara lain:
a. Gerak tari ini dilakukan secara bebas, yang mengikuti adalah muda dan mudi atau warga masyarakat secara umum.
b. Tarian ini sering dilaksanakan pada saat bulan purnama baik untuk kalangan anak-anak, remaja putra putri atau dewasa maupun orang tua.
c. Dapat dilakukan di arena yang luas atau tanah lapang.
d. Pelaksanaan pertunjukan tarian ini biasanya digelar sebagai puncak dari kegiatan yang dilakukan pada siang harinya.
e. Tarian ini pada dasarnya digunakan sebagai sarana untuk komunikasi atau pergaulan antara laki-laki atau perempuan, remaja dan orang tua atau kegiatan yang berhubungan dengan hajat orang banyak di suatu desa.

6. Tema Erotik
Tema erotik adalah tari yang mengandung unsur cerita atau percintaan. Pada tema ini digambarkan dua tokoh yang sedang memadu asmara. Biasanya tari dengan tema ini ditampilkan pada acara-acara pernikahan. Biasanya juga tari ini ditunjukkan dengan kemesraan yang ditarikan oleh para penari.
Tari Reog Ponorogo
Gambar 6. Tari Reog Ponorogo
Contohnya adalah:
· Tari Gatot Kaca Gandrung
· Tari Karonsih
· Tari Oleg Tambulilingan
· Tari Serampang Dua Belas

7. Tema Cerita Rakyat
Tema cerita rakyat biasanya menceritakan suatu cerita dari daerah tertentu yang menjadi salah satu ciri khas daerah tersebut. Contohnya adalah tari reog ponorogo.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Tema untuk anak SD kelas rendah
Anak-anak SD kelas rendah umumnya mudah terkesan dengan pengalaman menyenangkan yang pernah dilihat atau dialaminya. Secara spontan anak menirukan gerak sesuai dengan apa yang pernah dilihatnya tersebut. Dengan mengetahui dan memahami lingkungan keseharian anak, guru dapat mencoba menyusun sebuah tema berdasarkan apa yang pernah dilihat dan diamati anak. Salah satu tema yang disenangi oleh anak-anak kelas rendah adalah tingkah laku binatang seperti : kupu-kupu, kuda, ayam, bebek, burung dan katak.

Tema untuk anak SD kelas tinggi
Anak usia SD kelas tinggi pada umumnya mulai memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sosial atau cerita tentang lingkungan sosialnya. Hal-hal seperti itulah yang dapat dicoba untuk dijadikan sebagai tema lagu.


DAFTAR PUSTAKA
Pekerti, Widia, Dra, M.Pd, dkk. 2002. Pendidikan Seni Musik-Tari/Drama. Jakarta: Universitas Terbuka
http:/love-bandaaceh.blogspot.com/2011/04/pembelajaran-sebuah-konsep-karya-dalam.html, diakses pada tanggal 24 Nopember 2011
http:/www.sundanet.com/?p=156, diakses pada tanggal 24 Nopember 2011
http:/rheeanto.multiply.com/journal/item/2, diakses pada tanggal 24 Nopember 2011
Semoga yang saya sampaikan ini bisa menabah wawasan kita begitu banyak nya budaya Bangsa kita ini, Sungguh di sanyangkan jika budaya kita ini hilang punah begitu saja karena tergeser oleh Budaya Modern. Mari lah bersama-sama melestarikan budaya bangsa untuk warisan generasi yang akan datang. Maju terus Indonesia Ku..!!

Comments
2 Comments

2 Comment

Anonymous October 22, 2014 at 3:46 AM

Tema tumbuhan gk ada ya

Habibullah Al Faruq January 13, 2015 at 6:20 PM

Kalau boleh saran iklan adsensenya jangan ditempatkan tengah artikel, karena bisa dibanned...

Post a Comment